PENGERTIAN,
FUNGSI, KEDUDUKAN, DAN MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
Diajukan
untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran
MAKALAH
Dosen Pembimbing:
Nanang Kholidin, M.Pd
Penyusun:
Atik Musliyati Ningsih D07212004
Normiah
D07212024
Rohmawati
D07212034
Min
Haula D07212055
Rizqiyah
Muthoharoh D37212074
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH
IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN
AMPEL
SURABAYA
2013
KATA
PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah, Tuhan Semeta Alam. Rahmat dan kesejahteraan Allah SWT semoga selalu terlimpahkan kepada junjungan
kita Nabi Muhammad SAW sebagai Rosul akhir yang diutus sebagai pembawa rahmat
kepada seluruh alam, teriring keluarga, para sahabat, dan para segenap penerus
perjuangan beliau hingga akhir zaman.
Syukur Alhamdulillah, kami panjatkan kehadirat Allah SWT
karena atas segala hikmah dan keridhoan-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas
makalah yang berjudul “Media Pembelajaran”.
Dalam penyusunan makalah ini,
kami tidak pernah terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh
karena itu kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
- Bapak Nanang Kholidin, M.Pd selaku Dosen pembimbing media pembelajaran.
- Seluruh sahabat dan keluarga atas dukungan dan kebersamaannya.
- Kepada keluarga kami yang telah mendukung dalam proses pembuatan makalah ini.
Demikianlah,
semoga apa yang kami harapkan dapat terwujud dan dapat bermanfaat bagi
semuanya. Kami sebagai penyusun tidak salah dari salah kata, untuk itu kami
menerima saran atau kritik agar kedepannya kami dapat menyusun hal yang lebih
baik.
Surabaya,
12 Maret 2013
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL.................................................................................... i
KATA PENGANTAR.................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ..................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah.................................................................................. 1
C. Tujuan .................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Media
Pembelajaran.............................................................. 2
B. Fungsi Media
Pembelajaran..................................................................... 3
C. Kedudukan Media
Pembelajaran............................................................. 4
D.
Manfaat Media Pembelajaran.................................................................. 5
BAB III PENUTUP
A. Simpulan .............................................................................................. 8
B. Saran
..................................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 9
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Media
pembelajaran merupakan salah satu aspek yang memegang peran penting dalam usaha
untuk memperlancar tercapainya tujuan pengajaran. Secara sederhana media
merupakan sarana komunikasi. Dimana media pengajaran merupakan salah satu cara
yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat
berlangsungnya proses belajar mengajar. Oleh karena itu media belajar memiliki andil yang sangat besar dalam
kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar tidak semua anak
didik mampu memahami apa yang diterangkan leh gurunya, sehingga sangat
diperlukan suatu media yang mampu memahamkan anak didik. Selain bertujuan agar
siswa dapat lebih cepat menangkap dan mengingat mata pelajaran yang diberikan
oleh guru, metode pembelajaran juga terus dikembangkan agar siswa lebih
tertarik dengan mata pelajaran tersebut. Dengan demikian muncullah metode
pembelajaran.
Harapan kami
semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk para pembaca dan menambah wawasan
bagi penulisnya.
B.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa
pengertian dari media pembelajaran?
2. Apa
fungsi dari media pembelajaran?
3. Bagaimana
penjelasan mengenai kedudukan media pembelajaran?
4. Apa
manfaat dari media pembelajaran?
C.
TUJUAN
1. Untuk
mengetahui penjelasan mengenai pengertian media pembelajaran.
2. Untuk
mengetahui fungsi-fungsi dari media pembelajaran.
3. Untuk
mengetahui mengenai kedudukan media pembelajaran.
4. Untuk
mengetahui manfaat-manfaat dari media pembelajaran.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Media
Pembelajaran
Kata
media berasal dari bentuk jamak kata medium yang berarti
perantara atau pengantar.[1]
Menurut
Gagne (2006: 14) mengemukakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam
lingkungan peserta didik yang dapat merangsangnya untuk belajar. Istilah media
dalam bidang pembelajaran disebut media pembelajaran. Sedangkan menurut Briggds
(2006: 14) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi
pembelajaran seperti : buku, film, video, dan lain sebagainya. Kemudian menurut
National Education Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran
adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta
peralatannya. Dan media hendaknya dapat dimanipulasi, dilihat, didengar, dan
dibaca.[2]
Jadi, disini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan seperangkat
alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka
berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik.[3]
Penggunaan
media pembelajaran selain dapat memberi rangsangan bagi siswa untuk terjadinya
proses belajar, media pembelajaran juga memiliki peranan penting dalam
menunjang kualitas belajar-mengajar.
Pada
proses belajar mengajar, guru atau pendidik harus mempunyai keahlian dalam
menggunakan berbagai macam media pembelajaran, terutama media yang digunakan
dalam proses mengajarnya, sehingga materi ataupun pesan yang disampaikan akan
tersalurkan dengan baik pula.
Ada
beberapa jenis media pembelajaran, diantaranya :
a. Media
Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
b. Media
Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya.
c. Projected
still media : slide, over head projektor (OHP), in focus, dan sejenisnya.
d. Projected
motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer, dan sejenisnya.
B.
Fungsi Media Pembelajaran
Secara
umum media pembelajaran mempunyai fungsi atau kegunaan-kegunaan sebagai berikut
:
1. Memperjelas
penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalitas.
2. Dengan
menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap
pasif anak didik. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk :
a. Menimbulkan
kegairahan belajar.
b. Memungkinkan
interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan
kenyataan.
c. Memungkinkan
anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
3. Dengan
sifat yang unik pada tiap peserta didik ditambah lagi dengan lingkungan dan
pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan
sama untuk setiap peserta didik, maka guru akan banyak mengalami kesulitan bilamana
semuanya itu harus diatasi sendiri. Apalagi bila latar belakang lingkungan guru
dengan siswa juga berbeda. Masalah dengan siswa juga berbeda. Masalah tersebut
dapat diatasi dengan media pembelajaran.
4. Media
pembelajaran berfungsi untuk merangsang pembelajaran dengan :
a. Menghadirkan
obyek sebenarnya dengan obyek yang langkah.
b. Membuat
duplikasi dari obyek yang sebenarnya.
c. Membuat
konsep abstrak ke konsep konkret.
d. Mengatasi
hambatan waktu, tempat, jumlah, dan jarak.
e. Menyajikan
ulang informasi secara konsisten.
f. Memberi
suasana yang belajar yang tidak tertekan, santai, dan menarik.[4]
Menurut
Levie dan Lentz, seperti yang dikutip oleh Arsyad (2002) bahwa media
pembelajaran memiliki 4 fungsi, yaitu :
1. Fungsi
atensi, berarti media visual merupakan inti, menarik dan mengarahkan perhatian
peserta didik akan berkosentrasi pada isi pembelajaran.
2. Fungsi
afektif, berarti media visual dapat dilihat dari tingkat kenikmatan peserta
didik ketika belajar membaca teks bergambar.
3. Fungsi
kognitif, berarti mengungkapkan bahwa lambang visual memperlancar pencapaian
tujuan dalam memahami dan mendengar informasi.
4. Fungsi
kompensatoris, berarti media visual memberikan konteks untuk memahami teks dan
membantu peserta didik yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan
informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
Menurut
McKnow (Sihkabuden, 2005:19) media terdiri dari fungsi berikut, yaitu :
1. Mengubah
titik berat pendidikan formal, yang artinya dengan media pembelajaran yang
sebelumnya abstrak menjadi konkret, pembelajaran yang sebelumnya teoritis
menjadi fungsional praktis.
2. Membangkitkan
motivasi belajar.
3. Memperjelas
penyajian pesan dan informasi.
4. Memberikan
stimulasi belajar atau keinginan untuk mencari tahu.[5]
Menurut Rowntree
(Sihkabuden, 2005: 19) mengemukakan enam fungsi media, yaitu :
1. Membangkitkan
motivasi belajar.
2. Mengulang
apa yang telah dipelajari.
3. Menyediakan
stimulus belajar.
4. Mengaktifkan
respon peserta didik.
5. Memberikan
umpan balik dengan segera.
6. Menggalakkan
latihan yang serasi.
C. Kedudukan
Media Pembelajaran
Pembelajaran adalah suatu sistem yang mempunyai
komponen-komponen sebagai berikut :
1.
Tujuan, yaitu sesuatu yang akan
dicapai melalui proses pembelajaran yang akan dijalankan.
2.
Materi, yaitu sesuatu yang dijadikan
sebagai sarana untuk mengantarkan peserta didik untuk sampai ke tujuan yang
telah dirumuskan sebelumnya.
3.
Metode, yaitu cara yang akan
digunakan dalam mempermudah penyampaian materi guna pencapaian tujuan.
4.
Media. Setelah ditentukan metode,
maka akan diketahui media yang tepat digunakan sesuai dengan metode yang akan
dijalankan. Sehingga media tersebut akan mempermudah dalam menyampaikan metode
yang telah dipilih.
5.
Evaluasi. Selanjutnya setelah semua
dijalankan, untuk mengetahui apakah tujuan yang ditetapkan sudah tercapai atau
belum diadakan evaluasi.[6]
Dari uraian tersebut diatas, jelas
bahwa kedudukan media sama pentingnya dengan komponen yang lain yang mendukung
terbentuknya tujuan pembelajaran. Karena metode yang digunakan dalam proses
pembelajaran biasanya akan menuntut media apa yang dapat diintegrasikan dan diadaptasikan
dengan kondisi yang dihadapi. Dan tanpa media pun, komunikasi tidak akan
terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa
berlangsung secara optimal
D.
Manfaat Media
Pembelajaran
Secara umum manfaat media pembelajaran adalah
sebagai berikut :
1. Memperlancar
interaksi antara guru dengan peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran lebih
efektif dan efisien.[7]
2. Pembelajaran
lebih menarik perhatian sehingga menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.
3. Materi
pembelajaran akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik.
4. Metode
mengajar menjadi lebih variatif sehingga dapat mengurangi kebosanan belajar.
5. Peserta
didik lebih aktif melakukan kegiatan belajar.[8]
Sedangkan secara lebih khusus manfaat
media pembelajaran adalah sebagai berikut :
1. Penyampaian
materi pembelajaran dapat diseragamkan.
Dengan bantuan media pembelajaran,
penafsiran yang berbeda antar guru dapat dihindari dan dapat mengurangi
terjadinya kesenjangan informasi diantara peserta didik dimanapun berada.
2. Proses
pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik.
Media dapat menampilkan informasi
melalui suara, gerakan dan warna, gambar, baik secara alami maupun manipulasi,
sehingga membantu guru untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup,
tidak monoton, dan tidak membosankan.
3. Proses
pembelajaran menjadi lebih interaktif.
Dengan media akan terjadinya komunikasi
dua arah secara aktif, sedangkan tanpa media guru cenderung bicara satu arah.
4. Efisiensi
dalam waktu dan tenaga.
Dengan media pembelajaran tujuan belajar
akan lebih mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal
mungkin. Guru tidak harus menjelaskan materi ajaran secara berulang-ulang.
Sebab dengan sekali sajian menggunakan
media, peserta didik akan lebih mudah memahami pelajaran.
5. Meningkatkan
kualitas hasil belajar peserta didik.
Media pembelajaran dapat membantu
peserta didik menyerap materi belajar lebih mendalam dan utuh. Bila dengan
mendengar informasi verbal dari guru saja, maka peserta didik akan kurang
memahami sendiri. Melalui media, pemahaman peserta didik akan lebih baik.
6. Media
memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
Media pembelajaran dapat dirangsang
sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar dengan
lebih leluasa dimanapun dan kapanpun tanpa tergantung seorang guru. Perlu kita
sadari waktu belajar disekolah sangat terbatas dan waktu terbanyak justru di
luar lingkungan sekolah.
7. Media
dapat menumbuhkan sikap positif peserta didik terhadap materi dan proses
belajar.
Proses pembelajaran menjadi lebih
menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar
mencari sendiri sumber-sumber ilmu pengetahuan.[9]
Adapun manfaat media pembelajaran lebih
rinci menurut Ely (1979) adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan
mutu pendidikan, membantu guru untuk menggunakan waktu belajar secara lebih
baik, mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, aktivitas guru lebih
banyak diarahkan untuk meningkatkan kegairahan peserta didik.
2. Memberi
kemungkinan pendidikan yang sifatnya lebih individu dengan jalan memperkecil
atau mengurangi kontrol guru yang tradisional dan kaku, memberi kesempatan luas
kepada peserta didik untuk berkembang menurut kemampuannya, memungkinkan mereka
belajar menurut cara yang dikehendaki.
3. Memberi
dasar pengajaran yang lebih ilmiah dengan jalan menyajikan/merencanakan program
pengajaran secara logis dan sistematis, mengembangkan kegiatan pengajaran
melalui penelitian, baik sebagai pelengkap maupun sebagai terapan.
4. Memberikan
penyajian pendidikan lebih luas.
5. Pengajaran
dapat dilakukan secara mantap.[10]
Oleh karena banyaknya
manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan media pembelajaran, maka guru sebagai
sumber pembawa informasi bagi peserta didik hendaknya menyadari akan pentingnya
penggunaan media dalam pembelajaran.
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
1. Media
pembelajaran adalah seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh
guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik.
2. Ada
beberapa pendapat para ahli mengenai fungsi-fungsi media pembelajaran, namun
secara umum media pembelajaran berfungsi untuk memperjelas penyajian pesan,
mengaktifkan respon peserta didik, membangkitkan motivasi pelajar, dan lain
sebagainya.
3. Keduduka
media pembelajaran
4. Secara
umum menfaat media pembelajaran adalah Memperlancar interaksi antara guru
dengan peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien.
B.
SARAN
Demikian makalah dari kelompok kami,
jika ada salah penulisan kata, kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Saran dan
kritik dari pembaca kami terima demi berhasilnya makalah ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Baru. Degeng, I Nyoman Sudana. (1993) Media Pendidikan. Malang: FIP
IKIP Malang
Danim, Sudarwan.
(1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhaimin.
(1996). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra Media.
Sadiman,
Arief S. (1986). Media Pendidikan. Jakarta:
CV Rajawali.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (1991). Media Pengajaran. Bandung:
Sinar
http://lpkbii.wordpress.com/2012/03/26/manfaat-media-pembelajaran-dalam-pendidikan-di-sekolah/
Diakses pada tanggal 10 Maret 2013.
Diakses
pada tanggal 10 Maret 2013.
http://dwipungka.blogspot.com/2011/11/kedudukan-media-dalam-sistem.html Diakses pada tanggal 12 Maret 2013.
[2]
Muhaimin, Strategi Belajar Mengajar, (Surabaya:CV Citra Media, 1996).
[3] Danim,
Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan, (Jakarta:Bumi Aksara, 1995).
[4] Arief
S. Sadiman, dkk., Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatan, (Jakarta:CV Rajawali, 1986).
[6] http://dwipungka.blogspot.com/2011/11/kedudukan-media-dalam-sistem.html Diakses pada tanggal 12 Maret 2013.
Diakses pada tanggal 10 Maret 2013.
[9] http://lpkbii.wordpress.com/2012/03/26/manfaat-media-pembelajaran-dalam-pendidikan-di-sekolah/ Diakses pada tanggal 10
Maret 2013.
[10] Danim,
Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan, (Jakarta:Bumi Aksara, 1995).
No comments:
Post a Comment