Tuesday, April 2, 2013

Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran



KRETERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Pembelajaran
Makalah





Dosen Pembimbing:
Nanang Kholidin, M.Pd.I

Penyusun:

1.      Ni’matul Mufarrichah (D07212023)
2.      Hidayatus Sa’idah        (D07212050)
3.      Shofiatus Sholihah       (D07212060)
4.      Abdul Ghofur                 (D77212080)


JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
 2013





KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya, dan mudah-mudahan sampai kepada kita semua selaku umatnya.
Makalah ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Media Pembelajaran jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah dengan judul Karakteristik Pemilihan Media Pembelajaran”.Dalam penulisan dan penyusunan makalah ini tidak lepas dari bantuan yang telah diberikan oleh berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan terimakasih kepada:
  1. Orang tua dan seluruh keluarga tercinta yang telah memberikan dukungan baik moril mapun materil.
  2. Dosen pembimbing mata kuliah iniNanang Kholidin, M.Pd.
  3. Dan umumnya kepada semua pihak yang telah memberikan dorongan serta motivasi dalam penyelesaian makalah ini.
Semoga kebaikan yang telah diberikan kepada penulis selama ini mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Amiin.

Surabaya, 26 Maret 2013


            Penulis            



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .............................................................................................. ..... i
KATA PENGANTAR ........................................................................................... .....ii
DAFTAR ISI ........................................................................................................... ...iii           

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang .............................................................................................1
1.2  Rumusan Masalah .......................................................................................1
1.3  Tujuan Penulisan .........................................................................................1

BAB II PEMBAHASAN                                                              
2.1    Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan media pembelajaran .............2
2.2    Prinsip yang digunakan dalam pememilihan media pembelajaran ................2
2.3    Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran..3

BAB III PENUTUP                                                                     
3.1 Kesimpulan...................................................................................................4
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................5
 

 
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Dalam pembahasan makalah sebelumnya, telah dijelaskan pengertian, manfaat dan macam-macam media pembelajaran. Sudah diketahui bahwa media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar dan tercapainya tujuan pembelajaran, diperlukan pemilihan media pembelajaran yang tepat. Sehingga dalam pembahasan makalah ini, penulis akan membahas tentang kriteria pemilihan media pembelajaran. Guna mempermudah para pengajar dalam memilih media pembelajaran yang tepat dalam penyampain materi kepada peserta didik.

B.      Rumusan Masalah
1.      Apa faktor-faktoryang mempengaruhi pemilihan media pembelajaran?
2.      Bagaimanaprinsip yang digunakan dalam pememilihan media pembelajaran?
3.      Hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran?

C.      Tujuan
1.      Mengetahui kriteria pemilihan media pembelajaran.
2.      Mengetahui prinsip-prinsip pememilihan media pembelajaran.
3.      Mengetahui aspek-aspek yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran.


BAB II
PEMBAHASAN


A.      Faktor-faktor Pemilihan Media Pembelajaran
   Kreteria pemilihan media harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan sifat-sifat khasnya (karakteristik) media yang bersangkutan.
   Professor Ely mengatakan bahwa pemilihan media tidak terlepas dari konteksnya bahwa mendia merupakan komponen dari sistem instruksional secara keseluruhan. Karena itu, meskipun tujuan dan isinya sudah diketahui, faktor-faktor lain seperti karakteristik siswa, strategi belajar-mengajar, organisasi kelompok belajar, alokasi waktu dan sumber, serta prosedur penilaiannya juga perlu dipertimbangkan. Sebagai pendekatan praktis, ia menyarankan untuk mempertimbangkan media apa saja yang ada, berapa harganya, berapa lama diperlukan untuk mendapatkannya dan format apa yang memenuhi selera pemakai.
Dalam hubungan ini Dick dan Carey (1978) menyebutkan bahwa disamping kesesuaian dengan tujuan perilaku belajarnya, setidaknya ada empat faktor lagi yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media. Pertama  adalah ketersediaaan sumber setempat. Kedua adalah apakah untuk membeli atau memproduksi sendiri tersebut ada dananya, tenaga dan fasilitasnya. Ketiga adalah faktor yang menyangkut keluwesan, kepraktisan, dan ketahanan media yang bersangkutan untuk waktu yang lama. Artinya, media bisa digunakan dimana pun dengan peralatan yang ada disekitarnya dan kapanpun serta  mudah dijinjing dan dipindahkan.[1]
Menurut Prof. Drs. Hartono Kasmadi, M.Sc. bahwa di dalam memilih media pendidikan perlu dipertimbangkan adanya 4 hal yaitu: Produksi, Peserta didik, Isi dan Guru.[2]
Kesimpulannya adalah pemilihan media harus memiliki kriteria sebagai berikut:
1.       Tujuan
2.       Keterpaduan
3.       Keadaan peserta didik
4.       Ketersediaan media
5.       Mutu teknis
6.       Biaya.

B.      Prinsip-prinsip Memilih Media Pembelajaran
Agar media pembelajaran benar-benar digunakan untuk pembelajaran siswa, maka ada sejumlah prinsip yang harus diperhatikan, di antaranya:
a.  Media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
b.      Media yang akan digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran.
c.       Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa.
d.      Media yang akan digunakan harus memperhatikan efektivitas dan efisiensi.
e. Media yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoprasikannya.[3]
C.      Untuk menentukan pilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat agar proses belajar mengajar mencapai tujuan pembelajaran. Pengajar diharuskan mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :
1. Pengetahuan kognitif dan keterampilan baik pengajar maupun peserta belajar. Jadi sebelum menentukan media apa yang akan  dipakai dalam menyampaikan materi, pengajar harus mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan dirinya sendiri dan peserta belajarnya akankah mampu menguasai materi dengan penyampaian melalui media yang akan digunakan. Sehingga tidak terjadi kesenjangan antara media dan penggunannya.
2.     Kemudahan melakukan evaluasi dan penilaian hasil belajar. Apakah dengan media yang digunakan, pengajar dapat melakukan evaluasi dan penilaian hasil belajar dengan mudah sehingga sekaligus mempersingkat waktu.
3.   Level interaksi atau timbal balik antara pengajar dan peserta belajar. Seorang pengajar harus mempertimbangkan akankah dengan media pembelajaran yang dipilih, bisa terjadi interaksi yang baik antara pengajar dan peserta belajar. Karena, melalui interaksi ini dapat diketahui persentase keberhasilan penyampaian materi. Dengan kata lain, interaksi bisa juga dijadikan sebagai ajang evaluasi sehingga dipastikan proses belajar mengajar menjadi lebih efisien.
4.    Strategi pembelajaran yang telah dibuat. Dalam pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan, pengajar harus mempertimbangkan akankah media yang dipilih mempermudah strategi pembelajaran yang telah disusun oleh pengajar atau justru yang terjadi akan sebaliknya.
5.  Kompleksitas materi (content). Sebelum menentukan media pembelajaran yang akan digunakan, pengajar harus mempertimbangkan keoptimalan penyampaian materi yang akan dibawakan kepada peserta belajar.
6.  Perubahan materi (content) secara dinamis. Selama proses belajar mengajar, biasanya akan terjadi perubahan materi yang harus disampaikan. Oleh karena itu, dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat akan membantu pengajar mengimbangi perubahan materi yang terjadi[4].
                                                     


BAB III
PENUTUP

Simpulan
1.       Pemilihan media harus memiliki kriteria sebagai berikut:
1)         Tujuan
2)         Keterpaduan
3)         Keadaan peserta didik
4)         Ketersediaan media
5)         Mutu teknis
6)         Biaya.

2.       Prinsip memilih media pembelajaran
1)         Media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2)         Media yang akan digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran.
3)         Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa.
4)         Media yang akan digunakan harus memperhatikan efektivitas dan evesien.
5)        Media yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoprasikannya.

3.       Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan dan penggunaan media pembelajaran :
1)        Pengetahuan kognitif dan keterampilan baik pengajar maupun peserta belajar
2)        Kemudahan melakukan evaluasi dan penilaian hasil belajar
3)        Level interaksi atau timbal balik antara pengajar dan peserta belajar
4)        Strategi pembelajaran yang telah dibuat
5)        Kompleksitas materi (content)
6)        Perubahan materi (content) secara dinamis

Saran
Sebagai calon pengajar, diharapkan bisa menggunakan media pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat menarik minat para peserta didik.



DAFTAR PUSTAKA

Sadirman, Arief S. (dkk). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.
Harjanto. Perncanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. 1997.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 2006.
Zuhdy, Tafqih. Jurnal Pendidikan Islam. Ponorogo: Ponorojo. 2011.



[1] Dr. Arief S.Sadirman M.Sc dkk., Media Pembelajaran, Rajwali, Jakarta, 2011, hal.85.
[2]Drs. Harjanto, Perncanaan Pengajaran, PT Rineka Cipta, Jakarta, 1997, hal.241.
[3]Dr.Wina Sanjaya,M.Pd. Strategi Pembelajaran,kencana,Jakarta,2006,hal.171.
[4]Tafqih Zuhdy. Jurnal Pendidikan Islam, Ponorojo, Ponorogo, 2011, hal.150

No comments:

Post a Comment